Harga Kacang Mete di Sulawesi


(Berita Daerah-Sulawesi), Harga kakao dan biji mete gelondongan di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), yang ditawarkan di pusat perdagangan hasil bumi pada awal Januari 2012 cenderung turun.

Hasil pantauan ANTARA, Selasa, biji mete gelondongan kini dijual seharga Rp9.750 per kilogram, sebelumnya mencapai Rp10.000 hingga Rp10.500 per kilogram.

Begitu pula dengan kakao Rp19.200 per kilopgram yang sebelumnya Rp19.350-Rp19.500 per kilogram.

Turunnya harga biji mete gelondongan dan kakao itu dipicu penurunan mutu buah kakao dan mete akhir-akhir ini.

"Mungkin ini disebabkan faktor hujan, sehingga rata-rata buah mengalami gugur bunga," kata Usman, pedagang mete dibilangan pasar Wua-Wua Kota Kendari.

Sementara komoditas andalan lain, yakni cengkih, kopra dan lada msih tetap harganya dan stok masih cukup meski tidak sebanyak pada panen tahun lalu.

"Biasanya bila pembeli dari luar meningkat permintaannya maka harga terkadang naik," kata Fery, pedagang pengumpul di kawasan pasar Wuawua.

Sementara jenis komoditas andalan lainnya seperti kopi dan kemiri dan pinang belum mengalami perubahan harga yang berarti dan stabil seperti pada pekan sebelumnya.

Para pedagang mengatakan, naiknya harga sejumlah komoditi andalan itu menyusul perminta pasar lokal maupun untuk kebutuhan ekspor mulai meningkat.

Para pedagang kini mulai banyak yang langsung membeli di tingkat petani di sejumlah daerah sentra di Sultra sehingga harganya pun terkadang lebih rendah dibanding dengan membeli pada tingkat pengumpul.

Di Kabupaten Buton dan Bombana misalnya harga kopra yang biasanya Rp6.000 per kilogram sementara di Kabupaten Konawe dan Kota Kendari ditawarkan Rp5.000 per kilogram.

Title Post: Harga Kacang Mete di Sulawesi
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: SUTIARSO HADI SUTANTO

Terimakasih sudah berkunjung di blog Kardian Success Line, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar